Morning Attack In Bengkulu

Source : BMKG

Rabu (19/8) — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa magnitudo 6,9 SR mengguncang Bengkulu pada Rabu (19/8/2020) Pukul 05:23:56 WIB.

Berdasarkan laporan BMKG, pusat gempa berada di 169 km barat daya Bengkulu. Episenter gempa berada di koordinat 4.50 derajat Lintang Selatan dan 100.91 derajat Bujur Timur. Gempa terjadi di kedalaman 10 km dan dirasakan (MMI) III-IV Kepahiang, II Liwa, I Kotabumi.

BMKG memastikan gempa itu tidak berpotensi tsunami. “Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi” tulis BMKG di laman resminya.

Tak berselang lama, gempa kembali menggetarkan Provinsi Bengkulu. Kali ini berkekuatan Magnitudo 6,8 terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara pada pukul 05:29:35 WIB. Pusat gempa berada di 3,74 LS dan 101,56 BT atau 78 km barat daya Bengkulu Utara.

Dengan terjadinya peristiwa tersebut, diharapkan masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar lokasi gempa, untuk berhati-hati dan selalu waspada.

Hal-hal yang harus dilakukan saat terjadinya gempa bumi sebagai berikut :

  • Jika anda berada di dalam bangunan : berlindunglah di bawah meja serta lindungi kepala dan badan anda dari reruntuhan bangunan. Lari apabila sempat.
  • Jika anda berada di luar bangunan : menghindar dari bangunan yang ada di sekitar seperti gedung, tiang listrik, dan pohon. Perhatikan tempat anda berpijak, bila terjadi rekahan tanah usahakan untuk menghindar.
  • Jika anda mengendarai mobil : Keluarlah dan menjauh dari mobil
  • Jika tinggal di pantai : jauhi pantai untuk menghindari tsunami
  • Jika tinggal di daerah pegunungan : hindari daerah yang mungkin terjadi longsor

Tinggalkan Komentar