SEORANG AHLI HARUS MENGUASAI MATERI DAN PERCAYA DIRI

Disetrap.com- Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) mengadakan pelatihan keterangan ahli dan penyusunan legal drafting (28/08/2023). Pelatihan tersebut diikuti oleh seluruh dosen FH UNISSULA.

Wakil Dekan I FH UNISSULA menyebut pelatihan ini diadakan karena yang banyaknya permintaan masyarakat untuk menjadi ahli di setiap kasus. 

“Disamping itu juga banyak sekali permintaan untuk membuat naskah akademik dan rencana peraturan yang masuk ke FH Unissula, sehingga kita memerlukan banyak sekali mereka yang ahli dalam legal drafting untuk membantu lembaga pemerintah ketika mereka akan menyusun rencana peraturan kabupaten/kota, provinsi, maupun peraturan menteri bahkan mungkin Undang-undang,” ungkap Wadek 1 FH UNISSULA, Dr Widayati S.H., M.H., yang membuka acara pelatihan.

Menurut Widayati, sebagai dosen universitas yang  terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) dan ASIC internasional diperlukan adanya pelatihan guna mendukung kemampuan dan keahlian dosen. 

“Sehingga perlu dilakukan pelatihan ini khususnya untuk dosen-dosen muda sehingga dapat lebih berkiprah di masyarakat,” tutur Widayati

Pada pelatihan tersebut, Widayati sebagai pemateri pertama menyampaikan materi tentang penyusunan naskah akademik. 

“Ranahnya kita ada dalam penyusunannya. Dimana teknisnya adalah menyusun naskah akademik dan rencana peraturannya,” kata Widayati

Selain itu, Dr. Jawade Hafidz S.H., M.H., juga berkesempatan menyampaikan pengalamannya saat memberikan keterangan ahli. 

“Pengalaman ahli itu saya tidak fokus pada keahlian disiplin ilmu. Kadang sebagai ahli dalam perkara pidana, kadang juga sebagai perkara keperdataan, bahkan pernah dalam hukum administrasi negara. Tetapi berbicara tentang mekanisme penyediaan dokumen, yang pertama memang harus tunduk pada aturan yang berlaku tentang dokumen,” ungkap Jawade

Tidak hanya Dr. Widayati dan Dr. Jawade Hafidz, terdapat pembicara selanjutnya diantaranya Dr. R Sugiarto, S.H., M.H., Dr. Umar Ma’ruf S.H., Sp.N., M. Hum., dan Dr. Muhammad Taufiq S.H., M.H.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Muhammad Taufiq, S.H., M.H., menyampaikan materi terkait Teknik Memberikan Pendapat Ahli. Sebagai Dosen dan praktisi, Taufiq mengetahui fakta-fakta yang terjadi di lapangan baik secara teoritis maupun praktik. Tidak heran, jika ia sering diminta untuk menjadi ahli.

Dalam pemaparannya, Dr. Taufiq menjelaskan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk menjadi seorang ahli, hal-hal yang harus diperhatikan saat memberikan keterangan sebagai ahli,  teknik-teknik memberikan keterangan ahli serta strategi menyampaikan keterangan ahli.

Taufiq menyebut, dalam memberikan keterangan, salah satu strateginya adalah tetap menjaga fokus, tujuanya agar terhindar dari pertanyaan yang menjebak sebab keterangan ahli ini dapat menjadi pertimbangan bagi hakim. Dosen Unissula tersebut juga menambahkan ahli harus bisa  menyampaikan pendapatnya dengan percaya diri.

“Dalam menyampaikan pendapatnya atau keterangannya, ahli harus menyampaikan dengan percaya diri karena ini salah satu unsur esensial dalam meyakinkan audience (hakim/penyidik/arbiter)” tutur Dr. Taufiq

Tinggalkan Komentar