Shin Tae-yong Tak Hanya Pelatih, Tapi Manajer Pelatih

Sekjen PSSI, Ratu Tisha, menjelaskan jabatang Shin Tae-yong sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia. Sebagai manajer, Tae-yong juga mengurusi timnas level usia muda. Dalam klausul kontrak Tae-yong memang menjabat sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia.

Saat ini ada tiga asisten yang dikabarkan bakal mendampingi Tae-yong, yakni Gong Oh-kyun, pelatih kiper Kim Hae-woon, dan pelatih fisik Lee Jae-hong. Satu nama lagi masih belum dibuka ke media.

Lebih lanjut, Ratu Tisha menjelaskan, Shin Tae-yong menjabat manajer pelatih dari Timnas Indonesia Senior, U-23, U-20/U-19, dan U-16. Di setiap Timnas Indonesia akan ada pelatih kepala.

Hanya Timnas Indonesia U-16 yang sudah ada pelatih kepala, yakni Bima Sakti. Meski demikian, Shin Tae-yong bertanggung jawab penuh di Timnas Indonesia Senior dan U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021.

“Nantinya, di bawah manajer coach ada head coach dan lain-lain. Coach Shin berhak menentukan siapa-siapa, misal Kim Hae-woon sebagai head coach di Timnas mana. Tapi, coach Shin tanggung jawab penuh bisa dibilang pelatih di Timnas Indonesia Senior dan U-20,” kata Ratu Tisha.

“Nanti tanggal 6 Januari (2020) soal struktur kepelatihan akan diumumkan secara resmi oleh PSSI,” tambah Ratu Tisha dalam keterangannya.

Tinggalkan Komentar